RESPONSI

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan angka yang menunjukan prestasi atau kemajuan belajar mahasiswa secara kumulatif mulai dari semester pertama sampai dengan semester akhir yang telah ditempuh.  Untuk meraih Indeks Prestasi tertinggi disamping harus rajin belajar dan rajin kuliah, mahasiswa juga perlu kerjasama dengan dosen. Biasanya sebelum perkuliahan awal semester dimulai dosen memberitahu mahasiswa dalam sistem penilaian selama kuliah, dan aturan itu telah disepakati antara dosen dan mahasiswanya. Semacam itu yang dinamakan dengan kontrak kuliah.

Kenyataan menunjukkan masih rendah atau kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar. Misalnya  mahasiswa sering terlambat, bolos, malas mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, tidak konsentrasi dalam proses perkuliahan padahal tidak lama lagi ujian akan segera dilaksanakan. Untuk itu kami mengadakan kegiatan responsi untuk membantu mahasiswa lebih mempersiapkan diri dalam bentuk pembelajaran sederhana sebelum menghadapi ujian.

Tujuan dari kegiatan responsi ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa, membantu mahasiswa dengan cara memberikan latihan soal-soal mata kuliah tertentu agar memudahkan mahasiswa belajar, memberikan gambaran agar lebih memahami dan mengenal tipe soal yang akan diujikan oleh dosen, lebih siap dan yakin dalam menjalankan Ujian Tengah Semester.

Acara responsi sebelum UTS ini diadakan selama 4 hari yaitu hari selasa 30 Maret 2017 untuk mata kuliah Medan Elektromagnetik yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 yang bertempat di T4 dengan saudara Muhammad Rafi Raihan sebagai pembimbing pada mata kuliah Medan Elektromagnetik dan mata kuliah Elektronika yang diikuti oleh mahasiswa semester 2 bertempat di T9 dengan Bapak Yulian Zetta Maulana sebagai pembimbing.

Pada hari kedua yaitu tanggal 31 Maret 2017 untuk mata kuliah Sistem Linear yang ddiikuti mahasiswa semester 4 yang bertempat di T10 dengan Ibu Norma Amalia sebagai pembimbng dan mata kuliah Antena Propagasi yang diikuti oleh mahasiswa semester 6 yang  bertempat di T5 dengan Bapak Sigit Pramono sebagai pembimbing mata kuliah Elektronika. Dan di hari ketiga yaitu pada tanggal 6 April 2017 untuk mata kuiah Rangkaian Listrik yang diikuti oleh mahasiswa semester 2 bertempat di T9 dengan Bapak Gunawan Wibisono sebagai pembimbing. Responsi ini kami adakan untuk membantu mahasiswa dalam mengulang maupun mendalami mata pelajaran yang dianggap susah untuk dipelajari.

Posted on May 18, 2017 in Proker HMTT

Share the Story

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top