PENGABDIAN MASYARAKAT HMTT

 

Pengabdian masyarakat adalah salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kegiatan ini lebih mengutamakan kepada aktivitas nyata yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga keberadaannya di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat, khususnya warga masyarakat yang berada di lokasi pengabdian masyarakat.

Tujuan utama Pengabdian masyarakat adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa “Personality Development´, adapun salah satu unsur penunjang untuk mewujudkannya adalah pengembangan segi persepsi, kognisi dan sikap mahasiswa terhadap masyarakat (lingkungannya) selain itu, tujuan Pengabdian masyarakat adalah mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pelaku pembangunan yang berkualitas. Sasaran kegiatan Pengabdian masyarakat ini adalah Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah dan masyarakat setempat.

 

Desa Gununglurah adalah salah satu desa yang dapat dikatakan minim ilmu pengetahuan terhadap teknologi, khususnya pada bidang komputer maupun internet. Jarak desa yang lumayan jauh dari pusat kota merupakan salah satu faktor kurangnya akses jaringan internet, oleh sebab itu masyarakat masih kurang pengetahuan tentang teknologi telekomunikasi. Adapun beberapa masyarakat yang sudah mempelajari dan mengetahui ilmu komputer dan internet.

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah membekali masyarakat Desa Gununglurah dengan pengetahuan tentang internet, operasional komputer dan penggunakan Microsoft, diharapkan masyarakat mampu menjadikan internet sebagai sarana dalam mengembangkan perekonomian Desa Gununglurah, memberikan hiburan untuk warga Dusun Pesawahan khususnya dikalangan anak-anak, membantu masyarakat Dusun Pesawahan membersihkan lingkungan, dan memberikan pelayanan kesahatan untuk warga Dusun Pesawahan dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

 

 

Nama kegiatan ini adalah Pengabdian Masyarakat HMTT. Tema kegiatanya adalah “ICT Make Village Great Again”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2017 dan pada tanggal 9 Mei 2017. Pada tanggal 29-30 April dilaksanakan serangkaian acara berupa Nonton bareng bersama warga masyarakat Desa Gununglurah (masyarakat yang berpartisipasi dalam acara ini berjumlah 44 orang), Pasar Murah dan Check-up Kesehatan (masyarakat yang berpartisipasi dalam acara ini berjumlah 54 orang). Pada tanggal 9 Mei dilaksanakan kegiatan pelatihan operasional komputer dan internet marketing.

          Kegiatan ini dimulai pada tanggal 29 April pada pukul 15.00 yang diawali dengan pembagian brosur ke masyarakat setempat. Selanjutnya mengadakan persiapan nonton bareng pada pukul 18.30, nonton film dengan durasi waktu 120 menit, dengan film documenter masyarakat setempat dan film “Tendangan dari Langit”, antusiasme warga tinggi membuat acara tersebut terbilang sukses. Banyak warga masyarakat yang hadir seperti Ketua RT, para pemuda MTS Pakis, bapak-bapak, ibu-ibu dan banyak anak-anak.

 

Untuk acara selanjutnya pada minggu pagi 30 April yaitu melakukan kebersihan desa dengan sasaran lingkungan RT 4,5 dan 6 Dusun Pesawahan, beberapa warga ikut antusias dalam melakukan gotong royong, dilanjutkan dengan pasar murah bagi masyarakat setempat, tujuan kami menjual barang-barang bekas yang layak pakai adalah agar sesuai sasaran dan adil yang kami beri harga Rp 1000- Rp 5000, dengan maksimal membeli Rp 10.000,- dan ada pula yang kami beri dengan gratis karena memang tidak mempunyai dana untuk membeli. Barang-barang tersebut didapat dari hasil sumbangan mahasiswa STT Telematika Telkom Purwokerto. Kemudian acara selanjutnya disediakan pengobatan gratis yang dibantu oleh PMI, target dari acara ini adalah membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memeriksa kesehatan tubuhnya. Banyak sekali warga masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Pada tanggal 9 Mei 2017 diadakan acara pelatihan untuk perangkat desa yang merupakan rangkaian acara dari pengabdian masyarakat bertempat di balai Desa Gununglurah dengan susunan acara yaitu  penyampaian materi, materi yang disampaikan adalah “Operasional komputer dan penggunakan microsoft office” dan “Internet marketimg. Peserta yang mengikuti pematerian tersebut yaitu perangkat desa yang berjumlah 10 orang, penyampaian materi pertama mengenai “Operasional komputer dan penggunakan microsoft office” disampaikan oleh dosen LPPM ST3 Telkom Purwokerto yaitu Ibu Andika Elok Amalia, S.T., M.T.

Pematerian pertama dilaksankan pada pukul 09.30- 10.45 WIB. Setelah materi pertama selesai, dilanjutankan dengan coffee break, lalu dilanjutkan pematerian kedua yang membahas mengenai “Internet marketing” oleh Ibu Emi Iryanti, S.T., M.T. Pada pematerian kedua dilaksanakan pada pukul 11.10-12.10 WIB. Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta yang mengikuti materi ini sangat antusias dan aktif. Acara ini diakhiri dengan penyerahan plakat dari ketua panitia pengabdian masyarakat kepada kepala Desa Gununglurah.

Posted on May 24, 2017 in Proker HMTT

Share the Story

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top