LTE BASIC OPTIMIZATION USING HUAWEI GENEX

Posted By HMTT STT Telematika Telkom Purwokerto

Workshop merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang keterampilan. Software LTE Basic Optimization Using Huawei Genex mempunyai berbagai manfaat dalam dunia telekomunikasi salah satunya bagaimana suatu jaringan dioptimalkan agar jaringan tersebut tetap bisa terhubung.

          Drivetest adalah salah satu pengembilan data hasil optimasi jaringan radio yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi jaringan secara real di lapangan. Informasi yang di kumpulkan beruupa data aktual jaringan radio frequency (RF) yang di pancarkan suatu eNodeB. Genex adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan drivetest. Terdapat dua jenis Genex yaitu Genex Probe dan Genex Assistant. Dimana Genex Probe digunakan untuk mengumpulkan informasi jaringan RF dilapangan yang dipancarkan suatu eNodeB. Sedangkakn Genex Assistant digunakan untuk reporting dari hasil drivetest yang disebut logfile.

Workshop ini memiliki beberapa tujuan diantaranya membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap dan keterampilan untuk mengetahui cara menggunakan software Genex, mahasiswa dapat mengoptimalkan suatu jaringan LTE menggunakan software Genex dan  menjadi media pembentukan mahasiswa untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam hal menggunakan software Genex.

Workshop LTE Basic Optimization Using Huawei Genex diadakan pada tanggal 8 April 2017 bersama Riset Grup Hexacomm. Peserta Workshop LTE Basic Optimization Using Huawei Genex berjumlah 35 orang. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta baik dari angkatan 2014, 2015 dan 2016. Antusias para peserta bisa dikatakan bagus di karenakan workshop ini membantu mahasiswa untuk lebih memahami apa itu jaringan LTE dan bagaimana pengaplikasian menggunakan software Genex.

Peserta dalam kegiatan workshop ini datang tepat waktu akan tetapi dalam pematerian membutuhkan banyak waktu sehingga adanya penambahan jam. Walaupun adanya penambahan jam, tidak mengurangi antusias peserta untuk mengikuti workshop ini. Acara berlangsung selama dua jam setengah di mulai pada pukul 10.10 s/d 12.00 yang terdiri dari pematerian dan sesi tanya jawab.

Kegiatan seperti ini lebih baik diperbanyak karena sangat membantu mahasiswa ST3 Telkom untuk lebih memahami pengetahuan yang berbeda di luar mata kuliah yang telah disediakan institusi.

Posted on May 15, 2017 in Pelatihan

Share the Story

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top